Tujuan dan Sasaran

Untuk merealisasikan visi dan menjalankan misi Dinas, perlu ditetapkan tujuan pembangunan yang menggambarkan hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Tujuan pembangunan daerah ini ditetapkan untuk memberikan arah terhadap program pembangunan pada Dinas Pekerjaan Umum secara umum. Dalam kukrun waktu lima tahun ke depan Dinas Pekerjaan Umum telah menetapkan 6 (enam) tujuan sebagai berikut:

Sebagai pelaksanaan misi 1, “Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana jalan, jembatan dan penanggulangan banjir dalam rangka memperlancar arus lalu lintas barang dan manusia di wilayah Kota Kediri dan mewujudkan Kota Kediri bebas banjir” ditetapkan 3 (tiga) tujuan sebagai berikut:

  • Tersedianya sarana prasarana jalan dan jembatan yang memadai untuk kenyamanan dan kelancaran transportasi.
  • Terpenuhinya prasarana irigasi yang berfungsi baik.
  • Terkendalinya bahaya banjir dengan baik.

Sebagai pelaksanaan misi 2, “Memenuhi kebutuhan Gedung Pemerintah dalam rangka memberikan kenyamanan aparatur dalam menjalankan tugas dan masyarakat dalam rangka mendapatkan layanan publik” ditetapkan 1 (satu) tujuan sebagai berikut:

  • Tercukupnya prasarana gedung pemerintah guna kenyamanan dalam pelayanan masyarakat.

Sebagai pelaksanaan misi 3, “Membangun sarana dan prasarana pemukiman guna mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman” ditetapkan 1 (satu) tujuan sebagai berikut:

  • Tersedianya fasilitas umum pada lingkungan permukiman yang layak.

Sebagai pelaksanaan misi 4, “Membangun sistem penanganan atas bahaya kebakaran dengan meningkatkan kemampuan personil, sarana dan prasarana pemadam kebakaran” ditetapkan 1 (satu) tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatnya kemampuan dalam menangani dan mencegah bahaya kebakaran.

Sasaran

Untuk capaian jangka pendek, Dinas Pekerjaan Umum telah menetapkan sasaran, yang merupakan penjabaran dari tujuan (goal) yang telah ditetapkan. Sasaran yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dalam jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun dalam rentang waktu masa Rencana Strategis (tahunan, semesteran, triwulanan atau bulanan). Dinas Pekerjaan Umum sudah menetapkan Bidang dan/atau Seksi mana yang harus bertanggung jawab atas tercapainya sasaran yang sudah ditetapkan dalam Renstra Dinas Pekerjaan Umum. Mengacu pada tujuan di atas, secara berurutan sasaran Dinas Pekerjaan Umum adah sebagai berikut:

Sasaran atas tujuan 1, misi 1.

Sasaran berikut ini adalah sasaran yang merupakan penjabaran dari tujuan 1 misi 1 Dinas Pekerjaan Umum. Sasaran tersebut menjadi tanggung jawab Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Kediri. Uraian selengkapnya mengenai alasan ditetapkannya masing – masing sasaran yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tersedianya Jalan dan Jembatan Kota yang kondisinya baik/mantap.

Kota Kediri sebagai kota penghubung antara ibukota Provinsi Jawa Timur dengan kota – kota lain di wilayah Jawa Timur bagian selatan sampai barat daya serta kota penghubung antar kota – kota yang berbatasan dengan wilayah Kota Kediri. Tersedianya prasarana jalan dan jembatan yang memadai menjadi kebutuhan vital dan harus terjaga secara berkelanjutan. Disamping itu guna memperlancar arus lalu lintas dan kenyamanan masyarakat kota dalam perjalanan di lingkungan permukiman, maka jalan lingkungan juga harus mendapat perhatian dalam program pembangunan. Kondisi inilah yang menjadi alasan mengapa sasaran tersebut ditetapkan.

  • Tersedianya alat berat dalam jumlah cukup dan kondisi yang layak pakai.

Untuk menjaga kondisi agar sarana dan prasarana umum Pemerintah kota Kediri senantiasa baik, Dinas Pekerjaan Umum harus memiliki alat berat dalam jumlah cukup dan kondisi yang layak pakai. Hal ini dimaksudkan agar pemeliharaan prasarana jalan, jembatan maupun bangunan pemerintah dapat segera dilakukan apabila diperlukan. Disamping dapat menekan biaya pemeliharaan, kepemilikan akan alat berat dapat juga dimanfaatkan sebagai sarana investasi yang dapat menambah sumber pendapatan aslil daerah. Kondisi inilah yang menjadi alasan mengapa sasaran tersebut ditetapkan.

Sasaran atas tujuan 2, misi 1.

  • Terwujudnya infrastruktur irigasi yang berfungsi baik.

Prasarana irigasi yang memadai mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan melalui pendistribusian air guna mengairi lahan pertanian dengan meningkatkan sistem jaringan irigasi yang tepat.

Sasaran atas tujuan 3, misi 1.

  • Terwujudnya infrastruktur saluran drainase yang berfungsi baik.

Pada saat ini masih terdapat beberapa titik lokasi genangan air pada saat hujan, untuk mengatasi hal dimaksud perlu mewujudkan prasarana drainase yang memadai dengan mengacu pada master plan drainase Kota Kediri. Dalam menunjang hal tersebut juga harus memperhatikan infrastruktur drainase lingkungan permukiman, sehingga permasalahan diatas dapat diselesaikan dengan benar dan baik.

  • Terwujudnya infrastruktur saluran pembuangan yang berfungsi baik.

Dalam mengamankan wilayah Kota Kediri dari banjir maka perlunya penataan saluran pembuangan dengan baik, dimana saluran pembuangan tersebut berfungsi sebagai saluran utama menuju ke pengaliran akhir yaitu sungai, disamping itu sungai yang ada di Kota Kediri berfungsi untuk mengairi lahan pertanian. Kondisi sungai di Kota Kediri masih rawan erosi dan bantaran sungai masih belum tertata serta kondisi talud dan tanggul yang rawan longsor di musim penghujan, sehingga diperlukan pembangunan dan pemeliharaan talud dan tanggul.

Sasaran atas tujuan 1, misi 2.

  •  Tercukupinya gedung pemerintah guna pelayanan masyarakat.

Dalam memenuhi prasarana gedung pemerintah senantiasa memperhatikan keamanan dan kenyamanan manusia dalam gedung. Kondisi gedung pemerintah di Kota Kediri sebagian perlu untuk dilaksanakan rehabilitasi dan pemeliharaan rutin guna mempertahankan usia gedung yang ada. Dengan semakin bertambahnya penduduk khususnya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan, kesehatan dan lainnya pemerintah masih perlu menambah beberapa unit gedung sesuai dengan tingkat kebutuhan.

Sasaran atas tujuan 1, misi 3.

  • Tersedianya fasilitas air bersih bagi penduduk.

Kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan air bersih bagi masyarakat merupakan agenda pemerintah Kota Kediri untuk mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera, hal tersebut dapat dicapai dengan kepedulian pemerintah dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur air bersih.

  • Terwujudnya infrastruktur lingkungan permukiman dan perumahan sesuai kebutuhan.

Dalam menciptakan lingkungan permukiman yang sehat perlunya untuk menciptakan kawasan yang tertata dengan baik dan untuk meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat serta penyehatan lingkungan permukiman bagi masyarakat, maka peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan permukiman sehat dengan pola hidup bersih perlu untuk dikembangkan, yaitu dengan mewujudkan infrastruktur Sanimas.

Sasaran atas tujuan 1, misi 4.

  • Tersedianya sarana prasarana PMK.

Dengan sarana dan prasarana penunjang serta SDM yang tersedia diharapkan penanganan kebakaran dapat dioptimalkan seiring dengan peningkatan sarana dan prasarana serta kualitas SDM.

  • Terpenuhinya penanganan kebakaran dengan baik.

Dengan kesigapan aparat PMK yang ada dan didukung prasarana yang memenuhi kecepatan dan ketepatan dalam menangani bahaya kebakaran dapat cepat teratasi.

 
 
 
 

Kalender

Oktober 2017
S S R K J S M
« Agu    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
 
 

Arsip Bulan